Who We Are

PT Prisma Pusaka Artha Raya didirikan pada tanggal 17 April 2002 dan didirikan berdasarkan hukum dan peraturan negara Republik Indonesia sebagai jasa konsultan dan perusahaan perdagangan umum umum berdasarkan Akta No. 25 dari Ny Masneri, SH, notaris di Jakarta. Awalnya bisnis inti PPAR adalah konsultan keuangan dan manajemen kemudian sejak tahun 2005 diperluas mencakup bidang perdagangan dan jasa. PT. PPAR pernah menyediakan jasa tenaga kerja dan supply barang dan jasa untuk beberapa perusahaan kontraktor minyak.

Pada tahun 2009 PPAR memperluas sektor usahanya ke pembangkit listrik melalui kerjasama pemasaran dengan beberapa pabrikan peralatan untuk pembangkit listrik. Selanjutnya PT PPAR juga mengembangkan usahanya pada Instalasi Pengolahan Air Bersih. Pada tahun 2010 PT Prisma Pusaka Artha Raya bekerja sama dengan PT Lapi Indowater ITB bersama-sama memasarkan sistim Water Treatment Plant terpadu.

COMPANY FOCUS

Sejak 2013 pilihan lini bisnis PPAR adalah penyedia solusi air bersih dan pendukung industri kelistrikan dengan tagline yang tercantum pada logo PPARWATERandPOWER. Dua lini bisnis inti ini diyakini prospeknya sangat baik karena keterkaitannya dengan infrastruktur dasar kehidupan masyarakat.

Pilihan lini bisnis inti WATER dengan menjadi penyedia solusi air bersih didukung keyakinan bahwa penyediaan air bersih hasil olahan dari hari ke hari semakin menjadi kebutuhan pokok sebagaimana trend global saat ini karena makin langkanya sumber sumber air bersih alami.

Ketersediaan air bersih bagi masyarakat rural juga merupakan indikator kesejahteraan dalam Millenium Development Goal yang menuntut produksi air bersih yang semakin tinggi oleh pemerintah sehingga memberi peluang bagi swasta untuk berkontribusi pada sektor sektor komersil dan urban. Peluang inilah yang ingin ditangkap oleh PPAR. Upaya yang akan dilakukan adalah mengupayakan pengelolaan air bersih pada sarana pelabuhan, kawasan industry, pembangkit listrik, kawasan pertambangan, kawasan perumahan, kota skala sedang maupun

PPAR mengedepankan beberapa teknologi pengolahan air secara tepat guna yang disesuaikan dengan kondisi ketersediaan sumber air baku agar dapat memberi manfaat olahan menjadi air bersih atau air sesuai spesifikasi pengguna secara maksimal.

Antaranya yang digunakan adalah teknologi pengolahan air dengan sistim pengendapan/sedimentasi terkinian yang patentnya dimiliki oleh unit usaha dibawah payung perguruan tinggi ternama di Indonesia, serta sistim penyaringan/filtration yang dibuat dengan teknologi nano atau yang disebut dengan “nano enhanced membrane” yang pengembangannya dilakukan di Nanyang Technology University Singapura kemudian komersialisasinya dilakukan bekerjasama dengan Prisma untuk pemasaran di Indonesia.

PPAR juga memegang keagenan corrugated zincalum steel tank dari Rhino Tank Australia. Rhino Tank adalah tanki modular dengan bahan corrugated steel buatan Blue Scope yang banyak diinstalasi sebagai reservoir air bersih dan memiliki keunggulan sudah dalam bentuk prefabrikasi dengan berbagai kapasitas, mudah pemasangannya dan berdaya tahan korosi yang tinggi.

Pilihan lini bisnis inti POWER adalah untuk menunjang kegiatan pembangkitan, transmisi dan distribusi (PTD) tenaga listrik. Listrik merupakan kebutuhan pokok dan saat ini merupakan masa-masa dimana banyak pembangkit listrik baru dari program pembangunan 10.000 MW Tahap I dan II mulai beroperasi dan pembangkit-pembangkit lama mulai memasuki usia yang memerlukan proses life extension untuk mempertahankan efisiensi operasinya.

Kedua kondisi ini tentu saja memerlukan dukungan penyediaan peralatan dan suku cadang sehingga membuka peluang usaha untuk memenuhinya. PT PPAR telah menjalin kerjasama dengan satu produsen utama instrument dan control khususnya Distributed Controller System di dunia sejak 2012. PPAR berpengalaman mengadakan Simulator PLTU Batubara berbasis Control DCS maupun Simulator Ancillaries PLTU yang berhasil mengukuhkan PPAR sebagai satu satunya vendor yang berpengalaman memasok simulator pembangkit listrik di Indonesia.

Untuk memenuhi kebutuhan suku cadang utama gas turbin pembangkit listrik PPAR telah menjajaki kerjasama dengan salah satu produsen suku cadang after market internasional yang utama. PPAR juga menjajaki kerjasama dengan produsen Transformator internasional untuk kebutuhan transformator tegangan ekstra tinggi berdaya besar dan kerjasama lainnya dengan vendor produsen software controller dan predictive diagnostic untuk pembangkit listrik. Terbukanya kesempatan kerjasama dengan vendor serta pabrikan yang mempunyai reputasi global ini akan memperkuat positioning PPAR dalam sektor kelistrikan.